Kaji Prinsip dan Nilai Manajemen Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadits, Prodi S2 MPI Selenggarakan Webinar Internasional

Palangka Raya – Pada Senin (26/2), Program Studi S2 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya menyelenggarakan Webinar Internasional dengan tema “Principles and Values of Islamic Education Management from Hadith Perspective“.

Narasumber yang bertindak dalam webinar ini adalah As Syekh Al Qodhi Al Muhaddist Dr. Yasir Al Adni bin Salim As Syahuri (dosen Institut Darul Hadist Lil Irsn Nabawi Tarim Hadramaut, Yaman), Dr. Dian Iskandar Jaelani, M.A. (dosen Universitas Islam Madura), dan Dr. Ahmadi, M.S.I. (dosen/Wakil Rektor III IAIN Palangka Raya).

Dalam sambutannya, Direktur Pascasarjana IAIN Palangka Raya; Dr. H. Abdul Helim, S.Ag., M.Ag, menyampaikan, “Webinar ini merupakan salah satu upaya kami untuk terus mengembangkan wawasan dan pemahaman tentang manajemen pendidikan Islam yang berbasis pada sumber-sumber utama dalam agama Islam, termasuk Hadits. Kami berharap melalui diskusi ini, para peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam serta aplikatif dalam mengelola institusi pendidikan Islam di era yang terus berkembang ini.” ungkapnya.

Rektor IAIN Palangka Raya yang dalam ihwal ini diwakili oleh Wakil Rektor I; Dr. Nurul Wahdah, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan berharap melalui webinar ini bisa mendalami prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang terkandung dalam hadits sebagai panduan dalam pengelolaan pendidikan Islam. Dengan menghadirkan para ahli dan praktisi pendidikan dari berbagai negara, webinar ini diharapkan dapat menjadi forum diskusi yang produktif dan memberikan wawasan yang mendalam bagi para peserta.

Materi pertama disampaikan oleh Dr. Ahmadi, M.S.I. (dosen/Wakil Rektor III IAIN Palangka Raya) dengan tema materi terkait Manajemen Pendidikan Islam Ditinjau dari Perspektif Hadits. “Sejatinya sosok pertama dan utama panutan eluruh unsur kehidupan termasuk dalam pengelolaan pendidikan Islam ialah Nabi Muhammad SAW, kita selaku praktisi pendidikan Islam haruslah bercermin kepada beliau.”, tutur Ahmadi.

Dr. Dian Iskandar Jaelani, M.A. pada sesi kedua menyampaikan tema terkait Fondasi Manajemen Pendidikan Islam. Dalam salah satu poin paparan materinya, beliau merekomendasikan diadakan sebuah simposium terkait pengkonstruksian teori manajemen pendidikan Islam, yang digagas tokoh/pakar/praktisi muslim.

As Syekh Al Qodhi Al Muhaddist Dr. Yasir Al Adni bin Salim As Syahuri sebagai keynote speaker menyampaikan bahasan materi yang begitu mendalam terkait prinsip dan nilai manajemen pendidikan Islam dalam perspektif hadits sangatlah bisa kita terapkan tidak hanya dalam mengelola lembaga pendidikan namun juga bagaimana kita hidup sebagai insan manusia.

Webinar internasional juga diadakan sesi paralel, di mana sebanyak 33 penyaji mempresentasikan artikel ilmiahnya untuk kemudian menghasilkan output berupa proceeding.