Kaprodi S2 Ekonomi Syariah Raih 1st Runner Up Plenary Speaker pada PkM OSA 11

3-4 Februari 2024. Asosiasi Dosen Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (ADPI) kembali gelar PkM OSA Batch 11 tingkat internasional (Indonesia – Malaysia) dengan tema “Peranan Multi Stakeholder dalam Peningkatan Pencapaian SDGs di Semua Bidang”. Kegiatan ini diadakan di Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah (IAIQI) Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia dan diselenggarakan atas kerjasama ADPI, IAIQI Indralaya, STIEPARI Semarang, Cipta Talenta Eksponensial Corporation, dan 44 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia dan mancanegara. Termasuk di antaranya adalah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya yang turut serta bekerjasama secara resmi.

Kegiatan yang diketuai oleh Dr. Ani Nafisah, M.Pd.I (IAIQI Indralaya) ini berlangsung selama tiga bulan (1 Desember 2023 – 8 Februari 2024) mulai dari persiapan hingga kegiatan puncak. Kegiatan ini melibatkan 59 panitia dari berbagai institusi dan dihadiri oleh lebih dari 1000 peserta, baik via live zoom maupun live youtube yang berasal dari berbagai kalangan yaitu dosen, guru, praktisi, mahasiswa, NGO, dan masyarakat umum.

PkM OSA merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat multidisiplin yang meliputi bimtek, workshop, pelatihan, pembinaan, dan pendampingan tingkat nasional maupun internasional yang difasilitasi oleh ADPI serta dapat diikuti oleh semua kalangan secara free. Kegiatan ini merupakan salah satu program utama ADPI yang dilakukan secara berkesinambungan setiap semester baik online maupun offline untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi guna mendukung pencapaian tujuan SDGs. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan jaringan khususnya dosen yang tergabung dalam ADPI, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan membangun sinergi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha/dunia industri.

Kegiatan International PkM OSA batch 11 dibuka langsung oleh Dr. Hj. Muyasaroh, M.Pd.I Alhafizoh selaku Rektor IAIQI Indralaya. Beliau sangat mengapresiasi program PKM OSA Internasional Batch 11 ini dan berharap agar kegiatan ini dapat memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat. “Perguruan tinggi mempunyai andil yang cukup besar dalam pencapaian tujuan SDGs. Tentunya Perguruan Tinggi tak dapat bekerja sendiri sehingga perlu adanya kolaborasi. Perlu kerjasama multi stakeholder khususnya antar perguruan tinggi, perguruan tinggi dengan dengan dunia usaha/dunia industri. Perguruan tinggi melalui kegiatan pengabdian dosen diharapkan mampu memberikan solusi dalam pemandirian masyarakat khususnya secara ekonomi. Melalui dukungan pemerintah, institusi pendidikan berperan dalam penyiapan sumber daya manusia yang terdidik dan terlatih serta memiliki karakter yang kuat agar mampu bersaing dalam meningkatkan kesejahteraannya.” pungkasnya.

Adapun perwakilan IAIN Palangka Raya yang turut serta sebagai plenary speaker adalah Kaprodi S2 Ekonomi Syariah; Dr. Hj. Tri Hidayati, S.H.I., M.H. yang mempresentasikan materi yang berjudul Registration of Trademarks for Micro, Small and Medium Enterprises. Dalam gelaran ini pula, Dr. Hj. Tri Hidayati, S.H.I., M.H. berhasil meraih prestasi sebagai 1st Runner Up.

ADPI adalah asosiasi pemersatu dalam kegiatan pengabdian dan peningkatan profesionalisme dosen. Adapun visi ADPI adalah menjadi asosiasi terbesar di Asia Tenggara di bidang pengabdian dan peningkatan profesionalisme dosen berdasarkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hingga saat ini, keanggotan ADPI sudah tersebar dari  Aceh hingga Papua yang mencapai lebih dari 1000 dosen yang berasal dari ratusan Perguruan Tinggi di Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Australia, Kosovo, Portugal, Mesir, India, Pakistan, dan Singapura. ADPI memiliki kepengurusan Pusat di Padang, Sumatera Barat dan Kepengurusan Wilayah di 34 Provinsi di Indonesia.

ADPI berdiri pada tanggal 27 Oktober 2017 dengan visi menjadi asosiasi dosen terbesar di Asia Tenggara di bidang pengabdian dan peningkatan profesionalisme dosen berdasarkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ada lima misi ADPI, yaitu: (1) Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam berbagai bidang ilmu teknologi dan seni, (2) Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang unggul dalam berbagai bidang ilmu teknologi dan seni, (3) Menyelenggarakan program peningkatan aktivitas publikasi karya tulis ilmiah para dosen baik nasional maupun internasional, (4) Meningkatkan skil kualitas profesionalisme dan kesejahteraan dosen yang tergabung dalam asosiasi, dan (5) Mengembangkan kemitraan dan jaringan kerja yang luas di negara-negara Asia Tenggara.

PkM OSA batch 11, menghadirkan 52 pembicara yang berasal dari Indonesia dan Malaysia yang siap membagikan ilmu dan pengalamannya. Mereka merupakan dosen-dosen hebat yang tergabung dalam keluarga besar ADPI. Semua anggota ADPI adalah para dosen dari berbagai ilmu yang relevan dengan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia. Mereka adalah para ahli yang memahami permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara dan berusaha untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi. Dosen-dosen di berbagai perguruan tinggi adalah orang-orang yang selalu mengikut dan berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni serta perubahan fenomena sosial kebudayaan masyarakat di berbagai sendi kehidupan masyarakat. Mereka adalah akademisi yang aktif menjalankan program pemberdayaan masyarakat melalui program pengabdian dosen yang merupakan salah satu tridharma perguruan tinggi.

Adapun para pembicata ini diantaranya: Prof. Dr. Dian Eka Chandra Wardhana, M.Pd. (Universitas Bengkulu and Advisory Board of ADPI Bengkulu, Indonesia); Prof. Madya Dr. Sharifah Norkhadijah Syed Ismail (Universiti Putra Malaysia and Public Relation Officer  of ADPI Malaysia); Assoc. Prof. Dr Irniza Rasdi, PhD (Universiti Putra Malaysia and Secretary of ADPI Malaysia); Dr. Ir. Suciana Wijirahayu, M.Pd. (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA and Deputy Coordinator of ADPI DKI Jakarta, Indonesia); dan Hj.Eriyani,S.Kep.Ners.,M.Kep. (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binalita Sudama and Reviewer of ADPI North Sumatra, Indonesia).

Selain program PkM OSA, ADPI juga memiliki program-program berkelanjutan yang digagas oleh Koordinator program ADPI Yosa Novia Dewi bersama tim. Di antaranya konferensi Internasional (ICORAD) yang akan diadakan di November dan Seminar Nasional ADPI pada bulan Juni dan Desember mendatang. Sampai jumpa pada program-program ADPI selanjutnya. Bagi dosen yang tertarik dan ingin bergabung bersama ADPI silahkan kunjungi www.adpi-indonesia.id (red, adpi).