Tindaklanjuti Kerjasama dan Koordinasi Pengembangan Kelembagaan, Pascasarjana UIN SI Samarinda Kunjungi Pascasarjana IAIN Palangka Raya

Palangka Raya – Pada Sabtu (6/5), Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya menjamu kedatangan saudara jauh dari Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UIN SI) Samarinda.

Dalam kesempatan ini, pengelola Pascasarjana UIN SI Samarinda yang bertandang ke Pascasarjana IAIN Palangka Raya adalah Dr. Khojir, M.S.I. (Wakil Direktur), Dr. Agus Setiawan, M.Pd.I. (Sekretaris Prodi S3 PAI), dan Nikmatu Rahmah (pramubhakti). Rombongan disambut langsung oleh Direktur Pascasarjana IAIN Palangka Raya; Prof. Dr. H. Abdul Qodir, M.Pd. dan Wakil Direktur; Dr. Siminto, S.Pd., M.Hum. serta Kaprodi MMPI, Kaprodi MPBA, Sekprodi MPAI, Kasubbag TU, dan Bendahara.

Prof. Dr. H. Abdul Qodir, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pengelola Pascasarjana UIN SI Samarinda yang telah bertolak ke Pascasarjana IAIN Palangka Raya. Kunjungan ini jelas menjadi ajang silaturahmi kedua belah pihak, diharapkan dapat menjadi sarana sharing knowledge antar dua lembaga untuk perbaikan ke depan. “Tentu rasanya kami yang perlu banyak belajar dari UIN SI Samarinda, terutama dalam hal pengelolaan Program Doktoral dan pengelolaan Tridharma Perguruan Tinggi yang telah berubah alih bentuk UIN terlebih dahulu.”, pungkas beliau.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Khojir, M.S.I. dalam sambutannya menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan Pascasarjana UINSI Samarinda ke Pascasarjana IAIN Palangka Raya adalah dalam rangka tholabul ilmi dan menindaklanjuti kerjasama. “Adanya kedekatan historis serta emosional sebagai PTKIN di Pulau Kalimantan yang sama-sama lahir dari Fakultas cabang UIN Antasari, ingin adanya kunjungan dalam rangka koordinasi Pengembangan Kelembagaan Program Pascasarjana serta menjalin kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi. Misal team-teaching pada kegiatan perkuliahan, 2-3 kali pertemuan dan pelaksanaannya tercatat di Sistem Informasi Akademik.”, jelas beliau.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama dari tindak lanjut kerjasama yang telah disepakati. Selain itu, tim Pascasarjana UIN SI Samarinda berkesempatan mengunjungi gedung dan fasilitas di IAIN Palangka Raya.