Palangka Raya – Pada Selasa (9/8), Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya melaksanakan Rapat Hasil Ekspos Survey Kepuasan Pascasarjana di Aula Pascasarjana.
Di tahun 2022, Pascasarjana melakukan survey kepuasan kepada dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan mitra kerjasama. Rapat Hasil Ekspos Survey Kepuasan ini mengundang Direktur, Wakil Direktur, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Kasubbag TU, tenaga kependidikan, mahasiswa, mitra kerjasama, dan perwakilan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM). Dalam rapat ini disajikan hasil dari survey kepuasan yang meliputi indeks kepuasan dari tiap item sasaran serta saran dan masukan yang diberikan.
Pascasarjana IAIN Palangka Raya terus berkomitmen untuk menjadi mersucuar kampus IAIN Palangka Raya dan terdepan dalam pelaksanaan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Maka dari itu dalam rangka peningkatan mutu Tridharma Perguruan Tinggi, Pascasarjana melaksanakan survey kepuasan pemangku kepentingan terhadap pelaksanaan layanan yang diberikan Pascasarjana.
Kualitas pelayanan perguruan tinggi akan menjadi salah satu tolak ukur dari jaminan mutu yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi tersebut. Survei kepuasan pemangku kepentingan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menjaga terlaksananya siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), di mana kegiatan ini termasuk pada tahap evaluasi.
Selain itu, kegiatan survey kepuasan pemangku kepentingan juga merupakan salah satu hal pokok yang harus dilaporkan pada Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) dalam pengisian borang akreditasi sebagai salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh pihak eksternal untuk menentukan peringkat akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi. Manfaat lain dari hasil survey ini yaitu dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan unsur pimpinan terhadap bagian-bagian pelayanan yang masih perlu melakukan perbaikan dan menjadi pendorong setiap unit penyelenggara pelayanan agar dapat meningkatkan kualitas pelayanannya.