Lembang, 23 – 25 Oktober 2024 – Dalam suasana sejuk Lembang, Bandung, para Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab se-Indonesia berkumpul dalam Rakernas PPPBA Indonesia 2024. Acara bergengsi yang berlangsung di Hotel Novena ini menjadi wadah bagi para akademisi untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan Bahasa Arab di Tanah Air.
Dengan tema “Menuju Prodi Pendidikan Bahasa Arab Berakreditasi Unggul dan Berkelas Dunia melalui Inovasi dan Kolaborasi Prodi dalam bidang Tridarma Perguruan Tinggi”, para peserta, termasuk delegasi dari IAIN Palangka Raya Dr. Farid Permana, M.Pd.I. berdiskusi hangat mengenai berbagai inovasi dalam kurikulum, penentuan Profil lulusan S1, S2 dan S3, dan penentuan rumpun Ilmu, cabang dan rantingnya untuk Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Indonesia. Kolaborasi antar prodi menjadi kunci utama yang dibahas untuk mencapai standar internasional.
Rakernas PPPBA Indonesia 2024 menegaskan komitmen para akademisi untuk terus mengembangkan pendidikan Bahasa Arab di Indonesia agar sejajar dengan perkembangan zaman. Melalui inovasi dan kolaborasi, diharapkan program studi Pendidikan Bahasa Arab dapat mencetak generasi penerus yang mampu berkontribusi secara signifikan dalam dunia Islam dan internasional.”
Dr. Farid Permana, M.Pd.I, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, mengungkapkan, “Pertemuan dalam Rakernas ini prodi PBA IAIN Palangka Raya banyak mendapatkan pelajaran berharga dari penggalian informasi antar kaprodi di Indonesia. Ini merupakan tonggak penting dalam memperkuat sinergi antar prodi hingga lulusan Prodi PBA tidak hanya menguasai Bahasa Arab, tetapi juga memiliki kompetensi global.”
Rakernas PPPBA 2024 melahirkan penandatanganan baru Perjanjian Kerjasama antara Prodi PBA IAIN Palangka Raya dan PPPBA Indonesia dan telah mengimplementasikan nya setiap tahun melalui kegiatan-kegiatan yang dibuktikan dengan adanya dokumen Implementation of Arrangment (IA). Hal ini menjadi bukti nyata bahwa pendidikan Bahasa Arab di Indonesia terus bergerak maju. Melalui inovasi dan kolaborasi, para akademisi optimis bahwa program studi Pendidikan Bahasa Arab akan semakin berkualitas dan mampu menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan.” (MS)