S2 PBA Dilakukan Audit Mutu Internal Tahun 2023

Palangka Raya – Pada Kamis (3/11), Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya dilakukan Audit Mutu Internal (AMI) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

AMI adalah proses bagi Perguruan Tinggi untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan. Sesuai dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di mana tahapannya menggunakan siklus PPEPP (Perencanaan-Pelaksanaan-Evaluasi-Pengendalian-Peningkatan), AMI berada pada tahapan evaluasi, proses evaluasi ini dilakukan untuk mengukur kesesuaian antara pelaksanaan dengan standar yang telah ditetapkan.

AMI dilakukan secara berkala yang telah dijadwalkan oleh LPM IAIN Palangka Raya. AMI dilakukan oleh beberapa auditor yang telah dilatih untuk melakukan audit dan memahami standar perguruan tinggi dengan baik. Untuk Program Studi S2 PBA, LPM telah menunjuk 2 (dua) orang auditor internal, yaitu: Dr. H. Mazrur, M.Pd. dan Akhmad Ali Mirza, M.Pd. Pada tahun ini, AMI dilakukan pada 3 (tiga) aspek kriteria, yakni: Kriteria 3 Mahasiswa, Kriteria 6 Pendidikan, Kriteria 7 Penelitian, Kriteria 8 Pengabdian serta Kriteria 9 Keluaran dan Capaian Tridharma. Dr. Farid Permana, M.Pd.I. selaku Ketua Prodi S2 PBA beserta pengelola memberikan jawaban dan menunjukkan dokumen yang diminta oleh tim auditor.

Menurut Direktur Pascasarjana; Dr. H. Abdul Helim, M.Ag.. kegiatan AMI seperti ini harus terus dilakukan untuk memperbaiki tata kelola yang masih kurang tepat, bahkan belum sesuai standar sehingga perlu menindaklanjuti hasil temuan yang didapat baik itu mayor ataupun minor. Oleh karena itu, perlu adanya tim auditor untuk dapat melihat celah yang ada, ruang kosong yang perlu diisi hingga sejalan dengan standar yang sudah ditetapkan.