Direktur Hadiri Forum Direktur Pascasarjana (FORDIPAS) PTKIN se-Indonesia

Semarang – Pada Rabu-Jumat (25-27/10), Direktur Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya; Dr. H. Abdul Helim, M.Ag. menghadiri Forum Direktur Pascasarjana (FORDIPAS) X PTKIN se-Indonesia bertempat di Hotel Griya Persada Bandungan Kabupaten Semarang.

Forum ini dihadiri oleh M. Aziz Hakim, M.H., Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dirjend Pendidikan Tinggi Islam, Kemenag RI mengatakan, jurnal dan riset harus memiliki dampak yang lebih dan bisa dinikmati banyak kalangan. Sehingga perlu adanya implementasi dari jurnal dan penelitian tersebut.

Kegiatan ini juga diiringi dengan International Conference on Islamic, Law, and Society (INCOILS). Ketua FORDIPAS Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. mengatakan forum konferensi internasional ini telah tersubmit sebanyak 257 artikel. Kegiatan ini juga sebagai ajang akademik untuk pasca sarjana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS). Sesuai arahan menteri agama, INCOILS ini diselenggarakan tiga kali dalam setahun.

Dr. H. Abdul Helim, M.Ag.; Direktur Pascasarjana IAIN Palangka Raya pada kesempatan lain menyampaikan bahwa ada beberapa kesepakatan yang didapat dari forum ini di antaranya rencana pertukaran narasumber yang terdiri dari dosen dan mahasiswa kita dengan dosen dan mahasiswa dari PT lain baik dalam maupun luar negeri, materi yang dipresentasikan adalah materi hasil penelitian atau tesis yang dipandang layak.  “Tahun 2024 atau 2025 bisa kita rencanakan kampus kita sebagai tempat penyelenggaraan FORDIPAS.”, pungkas beliau.