Prodi S3 Studi Islam Dilakukan Asesmen Lapangan Pembukaan

Palangka Raya – Pada Senin (16/10), Program Studi S3 Studi Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya dilakukan Asesmen Lapangan oleh asesor dari BAN-PT yakni, Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A. dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Prof. Dr. H. Abdul Rohman, M.Ag. dari UIN Walisongo Semarang.

Setelah dilakukan Asesmen Kecukupun di Semarang beberapa bulan yang lalu, usulan pembukaan program Doktoral Studi Islam IAIN Palangka Raya dinyatakan layak untuk dilakukan Asesmen Lapangan.

Rektor IAIN Palangka Raya; Prof. Dr. Ahmad Dakhoir, S.H.I., M.H.I., dalam sambutannya mengungkapkan, “Terima kasih kepada seluruh tim yang telah mempersiapkan visitasi (asesmen lapangan) pembukaan S3. Mudah-mudahan asesmen ini berjalan lancar dan program doktoral yang akan dibuka menjadi program studi yang marketable. Pembukaan program doktoral prodi Studi Islam ini merupakan langkah besar dalam memajukan akademik di IAIN Palangka Raya.”.

Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A., mengatakan asesmen lapangan ini bertujuan untuk mengecek data riil apakah syarat-syarat pembukaan program doktoral sudah terpenuhi. Mulai dari kecukupan dosen, terpenuhinya syarat penjaminan mutu, sarana prasarana dan lain-lain. “Kurikulum dan sumber daya manusia para guru besarnya sudah layak, yang perlu kami nilai lebih lanjut adalah aksesbilitas dan keberfungsian fasilitas dan infrastruktur seperti ruang kerja mahasiswa, perpustakaan, laboratorium dan lain sebagainya.”, tambah beliau.

Prof. Dr. H. Abdul Rohman, M.Ag., menambahkan, “Kami yakin bahwa prodi Studi Islam S3 akan menjadi daya tarik bagi para calon mahasiswa dan peneliti yang ingin mendalami studi Islam di IAIN Palangka Raya. Ini juga sangat penting mengingat kondisi geografis Kalimantan Tengah yang memang memerlukan pembukaan program doktoral ini.”.