LAMDIK Lakukan Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi MPAI

Palangka Raya – Pada Selasa-Rabu (11-12/7), Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) lakukan asesmen lapangan akreditasi Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya.

Dua asesor yang ditunjuk oleh LAMDIK adalah Prof. Dr. Tobroni, M.Si. (Universitas Muhammadiyah Malang) dan Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung) melakukan konfirmasi data dan informasi (crosscheck) yang diajukan Program Studi MPAI sebagai dasar dalam penilaian akreditasi. Selain itu, asesmen lapangan dilakukan dengan tujuan untuk menjamin bahwa proses akreditasi Program Studi MPAI dilakukan secara akurat, obyektif, transparan, akuntabel, kredibel, dan menyeluruh.

Pada hari pertama, kegiatan dibuka oleh Rektor IAIN Palangka Raya yang diwakili oleh Wakil Rektor I; Dr. Nurul Wahdah, M.Pd. Asesmen hari pertama difokuskan pada pengonfirmasian data dan informasi yang telah dikumpulkan pada Lembar Evaluasi Diri (LED), serta wawancara dengan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pengguna alumni, dan mitra kerja. Sedangkan pada hari kedua dilakukan observasi proses pembelajaran (microteaching) dan sarana prasarana serta penyiapan draf berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi oleh asesor.

Kegiatan asesmen lapangan ditutup langsung oleh Rektor IAIN Palangka Raya; Prof. Dr. Ahmad Dakhoir, S.H.I., M.H.I. yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada dua orang asesor yang telah melakukan asesmen lapangan akreditasi Prodi MPAI. “IAIN Palangka Raya berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas unggul. Institusi ini berharap dapat terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks.”, ungkap Rektor.

Pada kesempatan lain, Ketua Program Studi MPAI; Dr. Hj. Zainap Hartati, M.Ag. menyampaikan terimakasih yang sebesarnya kepada unsur pimpinan Rektor, unsur pimpinan Direktur, Kasubbag TU, LPM, seluruh lembaga/UPT, tim task force, dosen, mahasiswa, alumni, pengguna alumni, mitra kerjasama yang telah membantu dan mendukung pelaksanaan akreditasi mulai dari persiapan data hingga asesmen lapangan oleh LAMDIK. “Semoga mendapatkan hasil yang terbaik. Aamiin.” tutup beliau.