Bahas Moderasi Beragama, Pascasarjana IAIN Palangka Raya Gelar FGD

Palangka Raya – Pada Selasa (28/9), Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya menggelar Focus Group Discussion Bagi Pengelola Pascasarjana melalui zoom meeting. Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Dr. H. M. Yamin Mukhtar, Lc., M.Pd.I. dan Rektor IAIN Palangka Raya, Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag.

Narasumber pertama, Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag. yang mengangkat topik integrasi dalam pelayanan pendidikan dalam paparannya menyampaikan moderasi beragama harus diaplikasikan dalam pelayanan dan dunia kerja di IAIN Palangka Raya. “Dalam dunia kerja di kampus kita, IAIN Palangka Raya berada di bawah Kemenag, ada lima budaya kerja Kemenag meliputi; integritas, profesional, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan”, tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Dr. H. M. Yamin Mukhtar, Lc., M.Pd.I. dengan topik Urgensi Moderasi Beragama dalam Masyarakat Multikultural. Beliau menyampaikan Moderat adalah sikap imbang antara ekstrim dan liberal. Sikap moderat menjadi salah satu karakter pemeluk agama Islam. Jika ada yang mengaku moderat namun berbuat kasar dalam beragama, maka dipastikan itu bukan ajaran agama, tetapi karena perilakunya yang mengatasnamakan agama. “Rasulullah melarang umatnya untuk tidak terlalu berlebihan meski dalam menjalankan agama sekalipun. Beliau lebih senang kalau hal itu dilakukan secara wajar tanpa adanya pemaksaan diri yang berlebihan”, jelasnya.